Teks Pidato Muharram 4 mustolih


الحمد لله الذي محول الاحوال الي احسن الحال. الدائم الذي لا يحول ولا يتحول ولا يطرق ساحته نقص ولا زوال. اشهد ان لا اله الا الله وحده لا شريك له الذي تفرد بالبقاء وتصف بالكمال. واشهد ان سيدنا ومولانا محمدا عبده ورسوله الذي ظهرت به انوار الحق ومحت رسوم الضلال. اللهم صل و سلم علي النبي الكريم والرسول العظيم سيدنا ومولانا محمد وعلي اله واصحابه الذين اكرمهم الله بالفضل والنوال .  اما بعد   

Hadirin yang berbahagia.......
Alloh swt. menjadikan bilangan tahun dalam 12 bulan, yaitu di mulai dengan terjadinya bumi dan langit. 12 bulan tersebut empat bulanya dinamakan ASHURUL HURUM (bulan-bulan yang dimulyakan) yaitu Dzulqo'dah, dzulhijjah, rajab, dan Muharram. bulan Muharram merupakan bulan permulaan di kalender Hijriyah. dan Rasululloh hijrah tidak pada bulan Muharram akan tetapi di bulan Rabi'ul Awal, yaitu bulan kelahiran beliau seperti yang banyak di ceritakan di buku-buku sejarah.

Nabi Muhammad saw. setelah menghadapi peristiwa yang bermacam-macam, di perintahkan Alloh untuk hijrah ke Madinah. dalam perjalanan berangkat ke madinah beliau beserta para sahabatnya mampir dahulu di Gua Tsur selama tiga malam, kemudian meuju Desa QUBA' (-+ 7 km sebelum kota Madinah) dan menginap selama beberapa hari disana. di desa tersebut beliau dan para sahabat bergotong-royong membangun Masjid yang menjadi masjid pertama yang di bangun oleh Nabi dan para sahabat, dan juga menjadi masjid pertama kali Nabi melaksanakan sholat Jum'at. setelah pembangunan selesai Nabi melanjutkan perjalanan menuju Madinah, yaitu menuju rumahnya Abu Ayyub Al Ashoriy. sejenak setelah istirahat beliau menata bangunan Masjid Nabawi dan perumahan para sahabat. setelah selesai pembangunanya Nabi meminta para sahabat yang masih tertinggal di Makkah agar menyusul hijrah ke Madinah.

Hadirin yang dirahmati Alloh
melihat sejarah peristiwa tersebut bahwa Nabi Muhammad adalah pelopor pembangunan pada masa itu, memberikan pelajaran bagi kita agar kita terus senatiasa meningkatkan pembngunan sesuai dengan bidang yang kita kuasai, seperti pembangunan dalam bidang agama, pendidikan, pertanian, kesehatan dan lain sebagainya.

Hadirin yang berbahagia.
Oleh karena itulah, mari kita isi lembaran tahun baru hijriyah ini dengan memperbanyak ibadah dan taat kepada Alloh, terutama menjalankan puasa sunnah pada tanggal 9 dan 10 Muharram dan memperbanyak sedekah serta amal Sholeh terutama kepada Anak yatim seperti yang di perintahkan oleh Rasululloh saw.

musroliholih,xtgm.com

Komentar

mustolih

Pidato Singkat Bulan Rajab(isro' mi'roj)

Pidato Menyambut Keagungan Bulan Rajab

Khutbah Jum'at Singkat tentang Bulan Rajab